Categories
Blog

Gusi Berdarah? inilah 13 Penyebab Gusi Berdarah saat Sikat Gigi

Dewasa ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dengan memperhatikan kebiasaan sikat gigi. Karena dengan gigi dan mulut yang sehat akan menghindarkan seseorang dari masalah bau mulut, radang dan sakit gigi. Selain itu pentingya memperhatikan kesehatan gusi pun menjadi kebutuhan yang setara. Inilah 13 penyebab gusi berdarah saat sikat gigi.

1. Sikat Gigi terlalu Keras

Penyebab gusi berdarah saat sikat gigi karena sikat gigi terlalu keras. Apalagi bulu sikat tampak lebih tajam dan keras akan menyebabkan gusi menjadi berdarah. Biasanya sikat gigi dilakukan harus dengan cara yang lembut. Namun terkadang kuatnya tekanan menyebabkan luka pada gusi, akhirnya menjadikan gusi berdarah.

2. Sikat Gigi Tidak Bersih

Optimalkan sikat gigi dengan cara yang baik dan benar, gunakan pasta gigi yang memang mampu membersihkan gigi serta melindungi gigi. Selain itu, selalu perhatikan kebersihan sikat gigi yang dipakai. Karena jika sikat gigi tidak bersih tentu membuat bakteri semakin cepat berkembang dan menyebabkan gusi meradang dan luka jika terkena sikat gigi.

3. Kebersihan Mulut

Biasakan diri untuk selalu membersihkan mulut dan gigi. Agar mengurangi aktivitas bakteri dalam mulut. Menjaga kebersihan mulut setelah makan dengan berkumur-kumur dengan antiseptik sangat penting. Serta sikat gigi sesering mungkin secara perlahan untuk kebersihan mulut.

4. Radang Gusi

Terjadi penumpukan plak di sekitar gusi lama kelamaan akan menyebabkan gusi berdarah saat sikat gigi. Meskipun radang gusi termasuk gejala ringan, namun tetap saja harus diperhatikan saat sikat gigi.

5. Hormon Tidak Seimbang

Hormon  yang tidak seimbang ini biasanya terjadi pada wanita hamil, menstruasi atau memasuki masa menopause. Adanya ketidak stabilan hormon juga mempengaruhi gigi dan gusi yang sensitif. Sehingga tidak mampu menahan plak gigi, akhirnya gusi menjadi berdarah.

6. Stres dan Kurang Tidur

Ternyata saat merasa stress pada sesuatu dan mengakibatkan kurang tidur berpengaruh pada kondisi gusi. Sebenarnya alasan tersebut secara tidak langsung terjadi. Saat asupan makanan sedikit akibat stres. Dan hendak tidur pun abai pada gosok gigi. Akhirnya melemahlah kemampuan mulut untuk melawan bakteri yang menyebabkan peradangan

7. Pengobatan Medis

Saat seseorang dalam kondisi pengobatan terutama mengkonsumsi obat anti depresan. Maka berpengaruh pada kinerja air liur dalam mulut. Dengan begitu bakteri cepat berkembang akhirnya bisa membuat gusi berdarah.

8. Periodontitis

Jika sampai mengalami periodontitis artinya terjadi infeksi gusi yang serius. Adanya plak serta karang gigi yang mengeras akhirnya menyebabkan gusi menjadi berdarah.

9. Diabetes

Salah satu ciri dari penyakit diabetes adalah gusi berdarah. Hal ini dikarenakan kadar glukosa yang tinggi dalam darah sehingga menyebabkan rasa nyeri dan infeksi. Dan terjadilah gangguan gigi, lidah serta gusi.

10. Leukemia

Saat gusi berdarah bisa jadi penyebabnya karena menderita leukemia. Karena penderita leukemia akan kesulitan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi pada tubuh, terutama di bagian gusi.

11. Kekurangan vitamin C

Jika sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi bisa jadi gusi berdarah karena kurangnya mengkonsumsi vitamin C. salah satu fungsi vitamin C adalah membantu jaringan dalam tubuh dalam penyembuhan luka.

12. Kekurangan vitamin K

Pemicu terjadinya gusi berdarah karena kurangnya mengkonsumsi vitamin K. karena fungsi vitamin k adalah untuk membantu pembekuan darah.

13. Penyakit Serius

Penyebab gusi berdarah saat sikat gigi memang banyak factor. Jika gusi berdarah lagi dan terjadi secara terus-menerus, kemungkinan besar bisa menjadi tanda penyakit yang serius. Yaitu penyakit yang berhubungan dengan sistem imun atau daya tahan tubuh yang rentan. Hingga menyebabkan gusi berdarah.

Dengan melihat penyebab gusi berdarah, maka bisa diperhatikan bagaimana cara mencegah serta mengobati. Merawat mulut dan gigi sangat penting, karena gusi berdarah bisa dihindari dan tetap aman menggunakan sikat gigi.